PELUANG BISNIS DALAM PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI INFORMASI (IPTEK)
KARYA ILMIAH LINGKUNGAN BISNIS
“PELUANG BISNIS DALAM PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI INFORMASI (IPTEK)”
Disusun Oleh :
Nama : Andre Haykal Rachman
Kelas : 16 - S1 TI - 08
NIM : 16.11.0466
UNIVERSITAS AMIKOM YOGYAKARTA
SEMESTER GENAP TAHUN AKADEMIK 2016/2017
BAB I
PENDAHULUAN
A. Abstrak
Seiring dengan kemajuan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi mengakibatkan permasalahan di berbagai bidang. Namun, melalui perkembangan ilmu pengetahuan dan Teknologi juga mempengaruhi berbagai aspek bisnis. Dengan melihat dan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi ini, Kita juga bisa membentuk suatu pola pengembangan terkait dengan peluang bisnis. Saat ini di Indonesia banyak jenis bisnis yang memiliki potensi dan peluang yang sangat besar untuk maju, itu dikarenakan terjadinya pembentukan pola pengembangan bisnis yang selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan Teknologi.
B. Tujuan Penulisan
Adapun tujuan penulisan ini adalah sebagai berikut:
1. Tujuan Umum Memperoleh gambaran dalam membangun suatu peluang Bisnis dengan memperhatikan perkembangan Ilmu pengetahuan dan Teknologi.
1. Tujuan Umum Memperoleh gambaran dalam membangun suatu peluang Bisnis dengan memperhatikan perkembangan Ilmu pengetahuan dan Teknologi.
2. Tujuan Khusus Agar masyarakat terutama pada anak muda menyadari pentingnya pola dalam pembentukan peluang bisnis yang sehat.
C. Manfaat Penulisan
Adapun manfaat penulisan karya tulis ilmiah ini adalah sebagai berikut:
1. Untuk menyelesaikan tugas pada mata kuliah Lingkungan Bisnis
2. Sebagai bahan dalam memberikan sumbangan pemikiran pada masyarakat terutama para pemuda dalam pembentukan peluang bisnis yang sehat.
BAB II
ISI
A. Pembahan
Bisnis dalam arti luas adalah istilah umum yang menggambarkan semua aktifitas dan institusi yang memproduksi barang & jasa dalam kehidupan sehari- hari dan merupakan suatu ruang lingkup yang dimana dalam penempatannya selalu memiliki lingkup kesibukan untuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan. Dimana dalam bisnis harus memiliki konsep yang matang, agar bisnis yang dijalankannya bisa bertahan dan terus berkembang.
B. Tujuan Bisnis
Tujuan bisnis merupakan hasil akhir yang ingin dicapai oleh para pelaku bisnis dari bisnis yang mereka lakukan dan merupakan cerminan dari berbagai hasil yang diharapkan bias dilakukan oleh bagian-bagian organisasi perusahaan (produksi, pemasaran, personalia, dll) yang akan menentukan kinerja perusahaan dalam jangka panjang.
Dalam jangka panjang, tujuan yang ingin dicapai tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan konsumen, namun terdapat banyak hal yang ingin dicapai oleh perusahaan dalam bisnisnya, diantaranya:
1. Market standing, yaitu penguasan pasar yang akan menjadi jaminan bagi perusahaan untuk memperoleh pendapatan penjualan dan profit.
2. Innovation yaitu inovasi dalam produk (barang atau jasa) serta inovasi keahlian.
3. Physical and financial resources, perusahaan memiliki tujuan penguasaan terhadap sumber daya fisik dan keuangan untuk mengembangkan perusahaan menjadi semakin besar dan Semakin menguntungkan.
4. Manager performance and development, manager merupakan orang yang secara operasional bertanggung jawab terhadap pencapaian tujuan organisasi. Untuk dapat mengelola perusahaan dengan baik, manager perlu memiliki berbagai kemampuan dan keahlian yang sesuai dengan profesinya.
5. Worker Performance and Attitude, untuk kepentingan jangka panjang, maka sikap para karyawan terhadap perusahaan dan pekerjaan perlu diperhatikan agar dapat bekerja dengan baik.
6. Public Responsibility, bisnis harus memiliki tanggung jawab sosial seperti memajukan kesejahteraan masyarakat, mencegah terjadinya polusi dan menciptakan lapangan kerja, dll.
C. Aspek – Aspek Bisnis
Dalam pelaksanaannya Bisnis memiliki beberapa aspek sebagai berikut :
1. Kegiatan individu dan kelompok Dimana dalam pembemtukan suatu bisnis dibagi menjadi 2 pilihan, yakni bisnis perorangan atau bisnis perkelompok.
2. Penciptaan nilai Terciptanya nilai melelui pelaksanaan konsep bisnis.
3. Penciptaan barang dan jasa Dalam bisnis pasti yang dibicaran adalah barang dan jasa yang diberikan atau dijual, sehingga harus ada data yang jelas tentang barang dan jasa yang dihasilkan.
4. Keuntungan melalui transaksi Saat melakukan transaksi harus merasa senyaman mungkin baik dari pelayanan yang ditawarkan dan juga kesepakatan harga, dan kesepakata- kesepakatan lainnya.
D. Fungsi Bisnis
Fungsi bisnis dilihat dari kepentingan mikroekonomi dan makroekonomi
1. Fungsi Mikro Bisnis Kontribusi terhadap pihak yang berperan langsung
1. Fungsi Mikro Bisnis Kontribusi terhadap pihak yang berperan langsung
a. Pekerja / Karyawan Pekerja menginginkan gaji yang layak dari hasil kerjanya sementara manajer menginginkan kinerja yang tinggi yang ditunjukkan besarnya omzet penjualan dan laba.
b. Dewan Komisaris Memantau kegiatan dan mengawasi manajemen, memastikan kegiatan akan berjalan mencapai tujuan .
c. Pemegang Saham Pemegang saham memiliki kepentingan dan tanggung jawab tertentu terhadap perusahaan
2. Fungsi Makro Bisnis Kontribusi terhadap pihak yang terlibat secara tidak langsung
a. Masyarakat sekitar perusahaan Memberikan kontribusi kepada masyarakat sekitar sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan.
b. Bangsa dan Negara Tanggung jawab kepada bangsa dan negara yang diwujudkan dalam bentuk kewajiban membayar pajak.
E. Elemen Bisnis
a. Modal (capital) Sejumlah uang yang digunakan dalam menjalankan kegiatan bisnis
b. Bahan-bahan (materials) Merupakan faktor produksi yang diperlukan dalam melaksanakan aktifitas bisnis untuk diolah menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat.
c. Sumber Daya Manusia (SDM) Kualifikasi SDM : Memiliki kemampuan kompetitif dan berkualitas tinggi.
d. Ketrampilan Manajemen (Management Skill) Sistem manajemen yang dijalankan berdasarkan prosedur dan tata kerja manajemen.
BAB III
KESIMPULAN
Berdasarkan uraian dan pemaparan tentang peluang bisnis maka bisa diambil kesimpulan :
1. Dalam membuat suatu bisnis harus memiliki konsep dasar yang jelas.
2. Harus memiliki SDM yang kompetitif dan berkualitas tinggi.
3. Bisnis yang kita bangun harus disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat atau konsumen.
REFERENSI
1. M. Suyanto. 2005. smart in enterpreneur: 11 Rahasia Memulai Bisnis tanpa Uang, penerbit ANDI, yogyakarta.
2. M. Suyanto. 2004. smart in enterpreneur: Belajar dari Kesuksesan Pengusaha Top Dunia, penerbit ANDI, yogyakarta.
Comments
Post a Comment
Komentar anda sangat akan bermanfaat bagi saya dan blog saya, mohon jangan sara ya dalam mengcomment, harap sopan dan santunnya di pakai oke!
jikalau memakai anonymous, harap di dalam comment di letakan nama anda!